Minggu, 01 Januari 2012

INTRODUCTION

Assalamualaikum,
Jangan salah paham dulu, ini bukanlah blog untuk para maling motor ^_^.

Mari saya jelaskan terlebih dahulu.
Blog ini dibuat untuk berbagi pengalaman dan ilmu mengenai proyek TA (Tugas Akhir) saya, yaitu animasi Iklan Layananan Masyarakat dengan tema Curanmor. Sekaligus sebagai bahan koreksi dan pembelajaran saya terkait dengan proyek tugas akhir ini. Rasanya menjadi sia-sia proses pengerjaan animasi ini jika tidak dishare ke teman-teman di luar yang berkecimpung di dunia animasi ,baik yang baru memulai seperti saya ataupun yang telah lama bergelut di dunia animasi.

Mengapa Curanmor?
Sebelum menjadikan Curanmor sebagai tema, saya telah melakukan penelitian terkait dengan data-data kasus Curanmor di rentang waktu 5 tahun terakhir. Bagi saya data-data yang saya dapat cukup mencengangkan. Menurut data Polrestabes Semarang, hampir setiap tahun kasus Curanmor bertambah. Menjadi kasus terbanyak dalam 7 kasus menojol lainnya. Demikian rincian yang saya dapatkan: (data ini hanya mencakup wilayah Kecamatan-kecamatan di Kota Semarang saja)

2007 : 499 kasus / selesai ditangani 88 kasus
2008 : 500 kasus / selesai ditangani 111 kasus
2009 : 602 kasus / selesai ditangani 174 kasus
2010 : 430 kasus / selesai ditangani 56 kasus
2011 : 829 kasus / selesai ditangani 97 kasus

Pihak reskrim Polrestabes Semarang mengaku bahwa kasus Curanmor merupakan kasus yang paling susah untuk di tangani. Detail "susah" itu pun belum bisa diketahui pasti apa penyebabnya, saat saya wawancarai.

Sebenarnya SATBINMAS (Satuan Pembinaan Masyarakat) Polrestabes Semarang telah melakukan upaya preventif terkait dengan Curanmor ini. Untuk caranya memang masih dalam bentuk stiker dan spanduk yang ditempel di pinggir-pinggir jalan raya. Namun yang terlihat dari data di atas menunjukkan tingkat kriminalitas ini butuh penanganan yang lebih serius. Oleh sebab itulah paling tidak hal tersebut menjadi pertimbangan saya untuk mencoba mengangkat tema ini sebagai tema Proyek Tugas Akhir yang saat itu saya sebut "Maling Motor's Project"

Mengapa susah-susah meneliti?
Ini merupakan sebuah pengalaman pribadi saya, bahwa sebuah animasi yang baik, ataupun paling tidak mendekati baik, diawali dengan research lapangan. Paling tidak hal ini menjadi patokan dan pertimbangan creator animasi dalam menciptakan karya animasi. Hal ini selalu dilakukan oleh banyak produsen, studio-studio animasi profesional, dimana mereka mempunyai tim research tersendiri. Hal tersebut yang menjadikan pertimbangan saya untuk mulai menikmati sebuah "proses". :)

Lalu apakah blog ini?
Animasi ini akan dikerjakan dengan bentuk 3D. Menggunakan software opensource, diantaranya Blender, Gimp, Inkscape, LMMS dan lain-lain. Sehingga, blog ini nantinya akan berisi tentang jejak rekam pembuatan proyek tugas akhir saya, dari start hingga finish. Di dalam blog ini saya akan menulis sebuah tulisan, baik berbentuk tutorial, article, dan info apapun yang ingin saya share ke teman-teman (dalam hal ini spesifik ke "Opensource Animation"

So, keep watching my blog... and keep watch out!! your vehicles!!. ^_^

(Tinggalkan komentar teman-teman terkait dengan blog ini di shoutbox komentar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar