Kamis, 12 Januari 2012

ALPHA CHANNEL MAPPING

Assalamualaikum.

Ok, sori baru bisa posting, sedang ada urusan administrasi kampus. :)

Proyek ini masih masuk tahap concept, script dan sedikit riset rendering di cycles.
Kebetulan dalam scene proyek animasi ini di beberapa bagian membutuhkan alpha channel. Bagi yang belum tahu, alpha channel bisa di artikan sebagai channel warna yang menyimpan data transparan. sehingga bagian alpha tidak ikut di render. bisa check di sini http://www.webopedia.com/TERM/A/alpha_channel.html

Jadi ternyata di Blender Cycles yang baru tidak mau me render alpha channel yang dilakukan dengan import image format png (add on).  Jadi sedikit butuh penyesuaian, secara, slot materialnya juga sudah beda sih...

Ingin share saja, saya buat tutorial sekilas mengenai ini.

1. Buka Program Blender. Buat objek plane Shift+A, pilih mesh dan plane, atau buka source .blend saya. http://dl.dropbox.com/u/43804853/tutor%20ARK.blend.zip

 2. Kemudian ganti engine render menjadi cycles render.

3.Pilih material pada dock properties kemudian klik new (add new material)

4.Beri nama material sesuka hati :)
 

5. Ganti surface diffuse menjadi add shader. Hal ini akan menyebabkan penumpukan 2 material dengan tipe blending add.


6.  Pilih slot material shader pertama menjadi diffuse BSDF.


 

7.  Pilih slot material shader kedua menjadi transparant BSDF

8. Klik icon dot (titik kecil) pada shader 1 , kemudian pilih image texture.

9. open image pada shader 1


10. Browse file image (bukan alpha channel). file ini dapat berupa file image apapun (Format : jpg,bmp,png,tga dll). kemudian klik open atau double click saja saja pada file yang dipilih.


11.Klik icon dot (titik kecil) pada shader 2 , kemudian pilih image texture.

  
12. open image pada shader 2,



13. Browse file image (alpha channel). file ini dapat berupa file image apapun (Format : jpg,bmp,png,tga dll). Kemudian klik open atau double click saja saja pada file yang dipilih.

File alpha dapat di buat menggunakan image editor seperti gimp. Saya hanya membuat image png menjadi hitam dengan mengatur level image-nya dan memberi background putih. Memang sedikit berbeda karena biasanya channel alpha berwarna hitam, namun ini di balik.
Intinya backgound putih saat di render tidak akan terlihat. dan warna hitam akan terlihat sesuai dengan shader diffusenya.

12. Buka viewport baru dengan drag ujung viewport kanan atas hingga muncul tanda + dan drag dari kanan ke kiri.


13. Ganti 3d view menjadi uv image editor.


14. Seleksi objek plane dan tekan key (Tab), lalu, key (U). dan pilih unwarp.


15. Ganti metode display shader, menjadi material.



16. Setelah tampak materialnya sesuaikan sesuka hati di viewport uv image editor. Dengan cara (G) untuk grab, (S) untuk scale, dan (R) untuk rotate.


17. coba ganti metode display shadernya menjadi rendered.


18. And, ta..da... jadi transparant.





19. Coba duplikat beberapa kali dan di atur-atur sedikit. bisa dengan material yang sama atau berbeda. Vertex bisa juga di tekuk2. Atur lightingnya.

dan lumayan lebih realistic lah... :)

Metode yang sama bisa di terapkan pada pohon, rambut, sarang laba-laba, dan apapun yang bisa di akali memakai alpha channel. Yang pasti face lebih sedikit dan lebih ringan. :)

Nih ada screen shoot envi yang lagi on progress dan banyak alpha channel di dalamnya. keep "mblender", ketagihan tidak di tanggung :)



thanks, for watching my blog... and Watch out!! your vehicles!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar